loading...

Buah pepaya bermanfaat untuk kesehatan

Buah pepaya bermanfaat untuk kesehatan - Asal buah pepaya sebenarnya bukan dari indonesia, Pepaya yang mempunyai nama latin (Carica papaya L.) atau betik merupakan tumbuhan buah yang berasal  dari Meksiko selatan dan Amerika Selatan bagian utara. Merupakan tanaman yang bisa tumbuh di kawasan tropik seperti Indonesia, Malaysia dan Thailand. Buah pepaya yang matang akan berdaging oren kemerahan yang apabila digigit sangat empuk dan manis.

Buah pepaya bermanfaat untuk kesehatan
Khasiat pepaya
Pepaya biasanya Orang-orang mengkonsumsi pepaya dengan cara dimakan langsung ataupun dijus dengan menambahkan susu dan es batu. Buah pepaya tahan lama jika disimpan dalam lemari es.Berkat banyaknya nutrisi yang terkandung pada buah ini .

BACA JUGA
Beberapa the best Aplikasi musik players untuk Android

BACA JUGA
Ini dia Tips dan Trik WhatsApp di Android

BACA JUGA
Downloads App Store Untuk Windows OS

Beberapa manfaat dari pepaya untuk obat luar seperti di bawah ini :

Menghaluskan Tumit Yang Pecah-pecah
Tumit kasar bahkan pecah-pecah bisa menurunkan rasa pede dalam diri, maka dari itu segera atasi dengan memanfaatkan buah pepaya. Gunakan getah pepaya muda untuk menggosok kedua tumit, diamkan selama 15 menit (kaki sembari diangkat), terakhir cuci pakai air hangat.

Getah Pepaya Menghilangkan Kutil
Adanya kutil terkadang membuat suasana bekerja jadi tidak nyaman, untuk itu segera hilangkan dengan metode alami. Pepaya bisa Anda gunakan untuk mengangkat kutil yang menempel di permukaan kulit, caranya dengan mengoleskan getah pepaya pada kutil per 3 jam sekali.

Bisa berguna untuk Mengobati Luka Bakar
Luka bakar tidak selalu diartikan sebagai luka yang timbul karena terkena api, contoh lain seperti kulit betis yang terkena knalpot motor panas. Jika Anda mengalaminya pertama bisa menggunakan kecap manis atau pasta gigi. Apabila dirasa kurang efektif gunakanlah getah pepaya muda untuk dioleskan pada permukaan luka.

Obat Jerawat yang membandel
Jerawat banyak jenisnya, tetapi cara menghilangkannya jauh lebih banyak, misalnya menggunakan pepaya. Caranya yaitu menjemur 3 lembar daun pepaya tua yang telah dicuci bersih, lumatkan sembari disiram 1/4 gelas air, kemudian peras. Gunakan air perasan (sari) pada seluruh wajah yang berjerawat.

Masker wajah dari Buah Pepaya
Masker wajah alami dari buah pepaya  Caranya mudah, ambil buah pepaya yang sudah matang, buang kulit dan bijinya. Blender buah pepaya sampai benar-benar lembut. Ingat, sampai benar-benar halus. Gunakan pepaya yang sudah dihaluskan tersebut sebagai masker untuk wajah. Biarkan selama 15-20 menit sampai pepaya mengering. Kemudian bilas dengan air hangat.
Masker pepaya ini sangat efektif untuk menghilangkan flek hitam di wajah sekaligus mengencangkan. Untuk mendapatkan kulit yang lembut, Anda bisa menambahkan madu ke dalam adonan.

Untuk obat dalam buah pepaya berkhasiat untuk

Obat Diare
Karena kaya akan serat sangat cocok jika pepaya dikonsumsi untuk mengobati diare. Caranya dengan menyeduh segenggam biji pepaya yang telah ditumbuk halus sehari 3 kali masing-masing 1 gelas.

Mengatasi Keputihan
Wanita banyak mengeluh saat mengalami keputihan, rasa gatal dan perih yang dihasilkan benar-benar menyiksa. Untuk itu pepaya hadir sebagai solusi alami yang cukup efektif untuk mengatasi keputihan.
Siapkan satu lembar daun pepaya, cuci bersih lalu iris kecil. Tambahkan 50 gram akar alang-alang yang masih bersih dan pulasari. Rebus kedalam 1,5 liter air, terakhir didihkan dan saring. Minum airnya sehari 1 kali.

Anti inflamasi
Manfaat papaya bagi penderita arthritis, osteoporosis, edama dapat menghilangkan rasa sakit karena enzim anti inflamasi yang terkandung pada pepaya. Enzim tersebut juga memiliki sifat mencegah kanker.

Menguatkan sistem imun/kekebalan tubuh
Vitamin C dan vitamin A yang diproduksi dalam tubuh. Senyawa beta karoten yang terdapat dalam pepaya, diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari dalam. Oleh karena itu, pepaya mungkin menjadi pilihan buah yang sehat untuk mencegah penyakit seperti infeksi, pilek, flu dan meredakan demam.

Kandungan Gizi Buah Pepaya

Kandungan buah pepaya yang berkhasiat sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.
Pada 100 gram buah pepaya terdapat:
  • 0.6 g protein
  • 10 g karbohidrat
  • 470 mg kalium
  • 0.1 g lemak
  • 16 mg fosfor
  • 0.3 mg zat besi
  • 39 kalori
  • 20 mg kalsium
  • 0.3 mg niacin
  • 0.04 mg Vitamin C
  • 0.03 mg Vitamin B
  • 1.750 IU vitamin A
Dan masih banyak lagi khasiatnya selain yang disebut diatas,Semoga bermanfaat


loading...